LAPORAN

06.12 / Diposting oleh Ambar Kusnandi /

  1. Pengertian Laporan
Laporan adalah suatu cara komunikasi di mana penulis menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan karena tanggungjawab yang dibebankan kepadanya.
  1. Dasar-dasar Laporan
    1. Pemberi Laporan
    2. Penerima Laporan
    3. Tujuan Laporan
  1. Sifat Laporan
Sebuah laporan harus mengandung sifat-sifat berikut :
-          Laporan itu harus mengandung imaginasi
-          Laporan yang dibuat harus sempurna dan komplit
-          Laporan juga harus disajikan secara menarik
  1. Macam-macam Laporan
    1. Laporan berbentuk Formulir Isian
    2. Laporan berbentuk Surat
    3. Laporan berbentuk Memorandum
    4. Laporan Perkembangan dan Laporan Keadaan
    5. Laporan Berkala
    6. Laporan Laboratoris
    7. Laporan Formal dan Semi-formal
  1. Struktur Laporan Formal
    1. Halaman Judul
    2. Surat Penyerahan
    3. Daftar Isi
    4. Ikhtisar dan Abstrak
1)      Abstrak : suatu bagian uraian yang sangat singkat, jarang lebih panjang dari enam atau delapan baris, bertujuan untuk menerangkan kepada pembaca-pembaca aspek-aspek mana yang tercakup dalam sebuah uraian tanpa berusaha mengatakan apa yang dibicarakan mengenai aspek-aspek itu.
2)      Ikhtisar : sekurang-kurangnya ikhtisar dalam hubungan dengan laporan, merupakan suatu bagian dari tulisan yang menyampaikan suatu informasi yang penting dari sebah laporan dalam bentuk yang sangat singkat.
  1. Pendahuluan
  2. Isi Laporan
  3. Kesimpulan dan Saran
  4. Bagian Pelengkap
  1. Bahasa Sebuah Laporan
Bahasa yang dipergunakan dalam sebuah laporan formal haruslah bahasa yang baik, jelas dan teratur. Yang dimaksud dengan bahasa yang baik tidak perlu berarti bahawa laporan itu harus mempergunakan gaya bahasa yang penuh hiasan. Tetapi sekurang-kurangnya dari segi sintakstis bahasanya teratur, jelas memperlihatkan hubungan yang baik antara satu kata dengan kata yang lain, antara satu kalimat dengan kalimat yang lain.
  1. Laporan Buku
Laporan Buku sebenarnya bertujuan untuk mendorong mahasiswa membaca buku-buku yang di wajibkan atau yang dianjurkan, serta meningkatkan kemampuan mereka memahami isi buku-buku tersebut. Untuk memahami buku tersebut maka semua prosedur yang perlu untuk meringkaskan sebuah karangan diterapkan pula dalam laporan buku.
  1. Penutup
Pendeknya apa saja yang menjadi pokok sebuah laporan, entah bidang pendidikan, perdagangan, industri, diplomasi, teknik, ilmu pengetahuan, semuanya harus disusun secara logis dan jelas. Pada bagian terakhir selalu disertai penilaian tentang baik-buruknya, serta saran-saran untuk mengambil tindakan bila perlu.

0 komentar:

Posting Komentar